24 April 2023

GEOTEXTILE UNTUK PEMBANGUNAN JALAN

Geotextile untuk kontruksi jalan - Hilon Geotextile
Geotextile

Geotextile merupakan bahan yang tidak tembus air yang digunakan untuk menyaring material-material tertentu supaya tidak mengganggu material utama yang dikerjakannya. Geotextile memiliki peran yang sangat penting dalam proses membuat suatu material agar tetap terjaga kondisinya. Tanpa adanya geotextile akan membuat material mudah mengalami kerusakan yang cepat.

Ada dua macam geotextile berdasarkan bentuknya yaitu geotextile woven dan geotextile non woven. 

  • Geotextile Woven merupakan salah satu geotextile yang dibuat dengan teknik tekstile tenun yang berbentuk anyaman.
  • Geotextile Non Woven merupakan jenis geotextile yang berbentuk lembaran yang terbuat dari serat polymer. Biasanya geotextile non woven ini digunakan pada bidang rekayasa geoteknik. 

Geotextile diterapkan di berbagai material pembangunan, salah satunya adalah untuk pembangunan jalan. Tujuan dari adanya geotextile tersebut guna menjaga kondisi jalan supaya tetap awet dan tahan lama. Ada banyak manfaat yang bisa didapatkan bila menggunakan geotextile. Berikut ini adalah beberapa fungsi dari pembangunan jalan menggunakan geotextile,diantaranya: 

  • Pengolahan Tanah

Dalam membangun jalan menggunakan geotextile, yang harus dilakukan terlebih dahulu adalah pengolahan tanah. Dalam hal ini, pengolahan tanah yang dilakukan diratakan terlebih dahulu. Mulai dari awal hingga akhir semua harus gusur secara merata.

Apabila tanah sudah diratakan, barulah geotextile diterapkan dengan diletakan di atas tanah yang sudah diratakan. Disini nantinya akan ditimbun oleh material-material kecil yang dapat membantu keawetan dari geotextile. Sehingga konstruksi jalan yang dibuat menjadi lebih aman.

  • Memisahkan Lumpur Dengan Aspal

Fungsi geotextile pada pembangunanan jalan yang selanjutnya adalah dapat memisahkan lumpur dengan jalan. Kondisi jalan akan semakin awet bila tidak bersentuhan dengan lumpur atau tanah secara langsung. Hal ini akan menjadikan jalan tidak merata apabila tanah langsung ditimbun dengan aspal.

Maka dari itu, dengan menempatkan geotextile sebagai pemisah antara lumpur dengan aspal akan lebih efektif. Kondisi jalan tidak akan bergelombang karena dibawahnya terdapat geotextile yang bersifat sebagai pengeras. Lumpur yang ada di dalamnya akan terhalang oleh geotextile. Dengan begitu, kondisi jalan akan lebih nyaman ketika digunakan oleh orang-orang.

  • Sebagai penyaring Partikel Yang Masuk Ke Saluran Air

Terdapat sebuah penyaring partikel pada geotextile guna mencegah partikel atau suatu benda yang masuk ke dalam saluran air. Di dalam tanah bawah aspal terdapat saluran air yang dibuat guna melajunya aliran air yang tepat. Sehingga tidak akan mengganggu kondisi jalan yang sudah dibangun.

Terdapat partikel kecil dalam pembangunan jalan yang harus dicegah supaya tidak menyumbat aliran air. Salah satunya dengan menggunakan geotextile, disini akan memberikan penyaringan yang mumpuni dengan adanya geotextile. Jalan yang sudah dibangun akan dilewati dengan nyaman oleh para pengendara nantinya.

  • Memperkuat Kondisi Jalan

Fungsi geotextile yang selanjutnya adalah untuk memperkuat kondisi jalan agar semakin efektif bila digunakan. Jika menggunakan geotextile, kondisi jalan akan semakin kuat karena di bawahnya terdapat geotextile yang dapat memperkuat jalan. Dengan geotextile akan membuat jalan menjadi rata. Sehingga, bila sudah digunakan dalam jangka waktu lama pun masih tetap aman kondisinya. Menggunakan geotextile sangatlah penting dalam memperkuat kondisi jalan.

KEUNGGULAN MENGGUNAKAN GEOTEXTILE

  • Keunggulan Geotextile Woven

Menggunakan geotextile woven memberikan ketahanan yang cukup lama hingga proses penimbunan. Hal ini dikarenakan geotextile woven ini mengandung carbon black sebagai uv stabilizer disaat melakukan pembuatan silt film. Dengan begitu, hasil yang didapatkan akan sangat awet dan tahan lama.

Selain itu, keunggulan lainnya yang bisa anda dapatkan adalah bentuknya yang sangat unik memberikan sensasi yang menarik. Geotextile woven memberikan koefisien geser besar bilamana dipasang pada tanah kohesif. Struktur anyaman pada geotextile woven ini juga menamin tidak akan mudah robek ataupun rusak bila sudah dipasangkan.

  • Keunggulan Geotextile Non Woven

Geotextile non woven memiliki keunggulan sebagai pemisah, penguatan, filtering dan pengontrol erosi. Dengan menggunakan geotextile yang satu ini akan lebih terjamin berbagai hal material yang diterapkannya. Banyak orang yang lebih memilih menggunakan geotextile non woven karena lebih unggul dalam kualitas yang dihasikannya.

Previous Post
Next Post

Mahasiswa Teknik Sipil, Universitas Batanghari

0 Post a Comment: